contoh makalah tentang administrasi di rumah tangga

Administrasi Di Rumah Tangga

KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan Penulis kemudahan sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini dengan tepat waktu. Tanpa pertolongan-Nya tentunya saya tidak akan sanggup menyelesaikan makalah ini dengan baik. Shalawat serta salam semoga tercurahkan kepada baginda tercinta kita yaitu Nabi Muhammad SAW yang kita nantikan syafaat-Nya di akhirat nanti. Penulis mengucapkan syukur kepada Allah SWT atas limpahan nikmat sehat-Nya, baik itu berupa sehat fisik maupuna kal pikiran, sehingga penulis mampu untuk menyelesaikan pembuatan makalah untuk melengkapi tugas Pengantar Ilmu Administrasi Bisnis dengan materi “Administrasi di Rumah Tangga”

Penulis tentu menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna dan masih banyak terdapat kesalahan serta kekurangan di dalamnya. Untuk itu, penulis mengharapkan kritik dan saran dari pembaca untuk makalah ini, supaya makalah ini nantinya dapat menjadi makalah yang lebih baik lagi. Kemudian apabila terdapat banyak kesalahan pada makalah ini penulis mohon maaf yang sebesar-besarnya. Penulis juga mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak khususnya kepada Dosen Pengampu Pengantar Ilmi Administrasi Bisnis yang telah membimbing selama menulis dan membimbing dalam menulis makalah ini.

Demikianlah, semoga makalah ini dapat bermanfaat. Terima kasih. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatu.

Bukittinggi, 5 Juni 2020

Penulis

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Administrasi adalah sebuah istilah yang mencakup semua bidang kehidupan. Karena itu, banyak sekali definisi mengenai administrasi. Sebagai ilmu, administrasi mempunyai cabang, salah satunya yaitu administrasi bisnis. Administrasi bisnis adalah proses pengelolaan perusahaan atau organisasi nirlaba guna menjaga kestabilan dan pertumbuhan organisasi. Cakupan bidang utama administrasi bisnis meliputi operasi, logistik, pemasaran, sumber daya manusia dan manajemen.

Dengan perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat, perkembangan ilmu administrasipun semakin maju. Mulai dari proses administrasi hingga produk administrasi. Administrasi terdapat di semua bidang kehidupan dan juga terkait dengan data-data dan dokumen dokumen.

B. Rumusan Masalah

1. Apa yang dimaksud dengan administrasi? 2. Apa saja unsur-unsur administrasi? 3. Apa saja ciri-cir admministrasi 4. Apa saja fungsi dari administrasi? 5. Jenis-Jenis Administrasi 6. Apa manfaat administrasi? 7. Apa contoh dari administrasi di rumah tangga

C. Tujuan

1. Untuk mengetahui apa itu administrasi 2. Untuk mengetahui unsur-unsur administrasi 3. Untuk mengetahui ciri-ciri administrasi 4. Untuk mengetahui fungsi dari administrasi 5. Jenis-Jenis Administrasi 6. Untuk mengetahui manfaat dari administrasi 7. Untuk mengetahui contoh dari administrasi di rumah tangga

BAB II

PEMBAHASAN

1. Pengertian Administrasi

Administrasi adalah sebuah bentuk usaha dan aktivitas yang berhubungan dengan pengaturan kebijakan agar dapat mencapai target/ tujuan organisasi. Jadi, boleh dibilang bahwa administrasi punya peranan yang sangat krusial dalam semua aktivitas sebuah organisasi. Selain itu, pengertian administrasi secara sempit dapat diartikan sebagai bentuk aktivitas yang meliputi catat-mencatat, surat-menyurat, pembukuan sederhana, ketik-mengetik, dan kegiatan lain yang sifatnya teknis ketatausahaan. Sedangkan pengertian administrasi secara luas adalah semua proses kerjasama antara dua orang atau lebih yang bertujuan untuk mencapai target dengan memanfaatkan sarana dan prasarana tertentu secara berdaya guna dan berhasil guna.

Dari definisi administrasi tersebut kita dapat mengetahui 3 hal penting berikut ini:

• Administrasi adalah sebuah seni sekaligus proses. Sebagai seni, administrasi membutuhkan kiat khusus yang sifatnya kondisional dan situasional karena selalu terkait dengan situasi, kondisi, waktu, dan tempat. • Dalam administrasi terdapat unsur-unsur tertentu, diantaranya; terdapat dua atau lebih orang di dalamnya, terjadi kerjasama antar orang tersebut yang sifatnya formal dan hirarkis, memiliki tujuan, terdapat tugas, ketersediaan sarana dan prasarana. • Administrasi muncul secara bersamaan dengan munculnya peradaban manusia dimana administrasi tersebut untuk mencapai tujuan bersama.

Pengertian Administrasi Menurut Para Ahli

Beberapa ahli di bidang administrasi menjelaskan tentang definisi administrasi, diantaranya adalah:

1. George R. Terry

Menurut George R. Terry, pengertian administrasi adalah kegiatan perencanaan, pengendalian, dan pengorganisasian pekerjaan perkantoran, serta penggerakan mereka yang melaksanakannya agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

2. Arthur Grager

Menurut Arthur Grager, pengertian administrasi adalah fungsi tata penyelenggaraan terhadap komunikasi dan pelayanan warkat suatu organisasi.

3. Sondang P. Siagian

Menurut Sondang P. Siagian, arti administrasi adalah segala bentuk dari proses kerjasama antara dua individu atau lebih atas dasar rasionalitas terpilih untuk mencapai tujuan yang ditentukan sebelumnya.

4. Ulbert

Menurut Ulbert, dalam artian luas arti administrasi adalah penyusunan dan pencatatan data/ informasi secara sistematis, baik internal maupun eksternal sebagai upaya untuk menyediakan keterangan serta memudahkan untuk mendapatkannya kembali, baik itu sebagian ataupun seluruhnya. Sedangkan defenisi administrasi dalam arti sempit dikenal dengan istilah tata usaha.

5. Willam Lefffingwell dan Edwin Robinson

Menurut Willam Lefffingwell dan Edwin Robinson, pengertian administrasi adalah suatu bagian dari ilmu manajemen yang berkaitan dengan pelaksanaan pekerjaan perkantoran secara efisien, kapan dan di mana pekerjaan tersebut harus dilakukan.

2. Unsur-Unsur Administrasi

Selain memahami pengertian administrasi, ada beberapa unsur penting yang wajib ada di sebuah bidang bisnis. Menurut The Liang Gie, ada 8 unsur yang harus ada:

1) Organisasi

Tempat dimana kegiatan administrasi dilakukan. Dalam bisnis, orang-orang yang bekerja di dalamnya akan dihimpun mejadi sebuah wadah.

2) Manajemen

Alat utama pelaksanaan administrasi. Ada pengatur, penggerak, manajer dan tenaga operasional. Dalam manajemen ini masih dibagi menjadi tiga kelompok; top management, middle management dan lower management (mandor).

3) Komunikasi

Administrasi juga mengatur pola komunikasi antar departemen. Misalnya melalui surat atau warta.

4) Kepegawaian

Ini berkaitan dengan penggunaan ternaga kerja. Dalam administrasi ada proses yang saling berhubungan, yaitu; penerimaan, penempatan, pendayagunaan dan pemberhentian kerja.

5) Keuangan

Ini berkaitan dengan pembiayaan kontrak kerjasama mulai dari cara memperoleh dana hingga pertanggungjawabannya.

6) Perbekalan

Berhubungan dengan pengadaan barang, penyimpanan dan penyingkiran. Pihak administrasi akan menyisir mana barang yang dibutuhkan untuk kerja dan tidak.

7) Tata usaha

Meliputi kegiatan pencatatan, penyimpanan dan pengiriman.

8) Public Relation

Administrasi akan menciptakan peraturan bagaimana berhubungan dengan masyarakat terutama konsumen.

3. Ciri-Ciri Administrasi

Administrasi memiliki beberapa karakteristik/ciri-ciri antara lain sebagai berikut: 1. Di dalam kegiatan Administrasi ada beberapa karakteristik/ ciri-ciri yang mudah dikenali, diantaranya adalah: 2. Administrasi memiliki tujuan yang jelas 3. Di dalam Administrasi terdapat kelompok manusia yang terdiri dari dua orang atau lebih 4. Administrasi selalu berhubungan dengan kegiatan kerjasama 5. Di dalam Administrasi terdapat usaha atau proses kerja 6. Kegiatan di dalam Administrasi selalu terdapat kepemimpinan, bimbingan, dan pengawasan

4. Fungsi Administrasi

Berikut ini adalah beberapa fungsi administrasi dalam organisasi:

1. Planning (Perencanaan)

Planning adalah kegiatan perencana yang membutuhkan sebuah aktivitas administrasi, mulai dari pengumpulan data, pengolahan data, hingga penyusunan perencanaan.

2. Organizing (Penyusunan)

Organizing adalah kegiatan menyusun dan membangun komunikasi kerja antara anggota-anggota dalam organisasi sehingga akan tercapai suatu kesatuan usaha untuk mencapai tujuan organisasi tersebut.

3. Coordinating (Kordinasi)

Coordinating merupakan sebagian dari fungsi manajemen yang melakukan sejumlah aktivitas agar berjalan baik dengan menjauhi terjadinya suatu kekacauan, bentrok, kekosongan aktivitas yang dilaksanakan dengan menghubungkan, menyatukan dan menyesuaikan suatu pekerjaan bawahan yang sehingga terdapat kerjasama yang terencana dalam suatu usaha untuk mencapai suatu tujuan organisasi.

4. Reporting (Laporan)

Reporting adalah aktivitas penyampaian perkembangan atau hasil dari suatu kegiatan dengan membuat dan memberikan laporan dari tugas dan fungsi para pejabat yang lebih tinggi baik lisan ataupun tulisan untuk mendapatkan gambaran tentang pelakasanaan tugas para anggota organisasi.

5. Budgeting (Penyusunan Anggaran)

Budgeting adalah aktivitas perencanaan dan pengelolaan keuangan atau anggaran dalam organisasi yang dilakukan secara berkesinambungan.

6. Staffing (Penempatan)

Staffing adalah kegiatan yang berhubuungan dengan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya dalam sebuah organisasi; mulai dari perkrutan tenaga kerja, pengembangan, perlengkapan di dalam organisasi tersebut.

7. Directing (Pengarahan atau Bimbingan)

Directing adalah aktivitas berinteraksi dengan anggota organisasi dalam bentuk memberi bimbingan, saran, perintah-perintah, agar tugas dijalankan dengan baik guna mencapai tujuan yang telah ditentukan.

5. Jenis-Jenis Administrasi

Ada beberapa macam-macam administrasi yang bisa ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini merupakan jenis-jenis administrasi beserta penjelasannya.

a. Administrasi Perkantoran (Publik)

adalah suatu kegiatan perencanaan keuangan, penagihan dan pencatatan, personalia, dan distribusi barang serta logistik di sebuah organisasi. Biasanya seorang karyawan yang bertugas dalam hal ini disebut dengan administrator kantor atau manajer kantor.

b.Administrasi Negara

merupakan suatu bahasaan ilmu sosial yang mempelajari tiga elemen penting kehidupan bernegara yang meliputi lembaga legislatif, yudikatif dan eksekutif serta hal-hal yang berkaitan dengan publik yang meliputi kebijakan publik, tujuan negara dan etika yang mengatur penyelenggara negara.

c.Administrasi Niaga

administrasi yang mengejar tercapainya tujuan-tujuan yang bersifat keniagaan (business objective), dalam pengertian ini, administrasi niaga tersebut dijalnkan oleh setiap manager dalam suatu organisasi niaga.

d.Administrasi Pembangunan

merupakan proses pengendalian usaha (administrasi) oleh negara/pemerintah untuk merealisasikan pertumbuhan yang direncanakan ke arah suatu keadaan yang dianggap lebih baik dan kemajuan di dalam berbagai aspek kehidupan bangsa.

e.Administrasi Kepndudukan

Administrasi Kependudukan adalah rangkaian kegiatan penataan dan penertiban dalam penertiban dokumen dan data kependudukan melalui Pendaftaran Penduduk, Pencatatan Sipil, Pengelolaan Informasi penduduk serta pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan publik dan Pembangunan di bidang sektor yang lain.

f.Administrasi Keuangan

adalah pengelolaan yang meliputi segala aktivitas yang berkaitan dengan keuangan dan pencapaian tujuan sebuah organisasi perusahaan. Pada akhirnya, administrasi keuangan akan berkaitan erat dengan laporan keuangan.

g.Administrasi Pendidikan

merupakan proses keseluruhan dan kegiatan-kegiatan bersama yang harus dilakukan oleh semua pihak yang ada sangkut pautnya dengan tugas-tugas pendidikan. Bahwa administrasi pendidikan itu mencakup kegiatan-kegiatan yang luas yang meliputi kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan, khususnya dalam bidang pendidikan yang diselenggarakan di sekolah-sekolah.

7. Manfaat Administrasi

Administrasi memiliki manfaat bagi organisasi, perusahaan, bahkan negara yang menjalankannya dengan baik. Ada pendapat yang mengatakan administrasi adalah ujung tombak kemajuan sebuah organisasi. Dengan administasi yang baik bisa diketahui pula tatakelola organisasi berjalan lancar atau tidak. Adapun manfaat lain dari administrasi adalah:

1. Mengetahui seberapa besar laba usaha.

Dengan melakukan administrasi, anda dapat lebih memastikan seberapa besar keuntungan yang anda peroleh tidak dengan cara mengira-ngira, setiap catatan penjualan dan pembelian adalah bukti dan data yang jelas.

2. Menghindari dari resiko kerugian.

Dengan melakukan administrasi, setidaknya anda tidak akan lupa dan salah dalam menetapkan suatu harga penjualan. Hal ini untuk menghindari resiko bila anda tidak menyimpan catatan pembelian dan nota-nota pembelian.

3. Data bagi pengembangan bisnis.

Bila bisnis anda telah menerapkan administrasi dengan baik, maka anda dapat dengan mudah membandingkan besarnya penjualan setiap bulan atau setiap tahun, dan anda dapat dengan mudah mengukur seberapa besar persentase pertumbuhan bisnis anda. Mungkin anda akan mulai mencoba melakukan penambahan modal agar bisnis anda semakin berkembang.

8. Contoh dari Administrasi di Rumah Tangga

Berikut adalah beberapa contoh Administrasi di rumah tangga yang saya miliki:

1. Kartu Keluarga

ini adalah gambar dokumen kartu keluarga yang saya miliki dengan nama kepala keluarga adalah Masdi, ayah kandung saya sendiri. Kartu keluarga ini dibuat di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Bukittinggi dengan ditandatangani oleh Kepala Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Bukittinggi, yaitu Ridwan Efendi, SH.

2. Beberapa kartu yang saya miliki

Gambar diatas adalah gambar beberapa kartu yang saya miliki, diantaranya adalah kartu ATM Bank BRI dan Bank BNI, Kartu Tanda Mahasiswa Politeknik Negeri Padang, Kartu Tanda Penduduk, Kartu Indonesia Sehat dan Kartu Perpustakaan Proklamator Bung Hatta

3. Sertifikat Perlombaan

Gambar diatas adalah beberapa gambar sertifikat yang saya miliki. Sertifikat tersebut saya dapat dari perlombaan di sekolah dan juga dari beberapa lomba menulis yang pernah saya ikuti.

4. Buku Tabungan

Gambar diatas adalah gambar salah satu buku tabungan yang saya miliki. Buku tabungan tersebut diterbitkan oleh Bank Nagari.

5. Akte Kelahiran

Gambar diatas adalah gambar akta kelahiran yang saya dan ayah saya miliki. Akte kelahiran ini diterbitkan oleh Kepala Pejabat Pencatat Sipil Kabupaten Agam, Drs. Amri Bakar.

BAB III

PENUTUP

A. Kesimpulan

Administrasi adalah sebuah bentuk usaha dan aktivitas yang berhubungan dengan pengaturan kebijakan agar dapat mencapai target/ tujuan organisasi. Jadi, boleh dibilang bahwa administrasi punya peranan yang sangat krusial dalam semua aktivitas sebuah organisasi. Salah satu jenis administrasi adalah administrasi kependudukan. Administrasi Kependudukan adalah rangkaian kegiatan penataan dan penertiban dalam penertiban dokumen dan data kependudukan melalui Pendaftaran Penduduk, Pencatatan Sipil, Pengelolaan Informasi penduduk serta pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan publik dan Pembangunan di bidang sektor yang lain. Contoh dari administrasi kependudukan, adalah dokumen kartu keluarga, kartu tanda penduduk dll.

B. Saran

Administrasi sangat penting dan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Semua hal memerlukan administrasi, mulai dari kelahiran, pendaftaran sekolah, profesi sampai pendaftaran pernikahan. Semua berkaitan dengan administrasi. Oleh karena itu, uruslah administrasi kita dengan baik, simpanlah dokumen-dokumen administrasi dan uruslah pada lembaga yang bersangkutan jika dokumen yang kita miliki tersebut hilang.

Comments

Popular posts from this blog

contoh pidato "usaha,doa,tawakal,dan berpikiran positif"

Contoh cerpen motivasi belajar

cerpen sahabat hijrah