perspektif tentang bagaimana manajer mengambil keputusan- materi pengantar manajement
Pengambilan keputusan merupakan halbyang penting terutama bagi manajer, halntersebut merupakan bagian dari keempat fungsi manajerial. Karna itu, para manajer pada saat merencanakan, mengorganisasikan, memimpin, mengendalikan disebut pengambil keputusan
Contoh : karyawan mana yang akan bekerja pada shift berikutnya, informasi apa yang harus dimasukkan kedalam laporan, atau bagaimana mengatasibkeluhan pelanggan.
perspektif tentang bagaimana manajer mengambil keputusan :
1. Rasionalitas
Pengambilan keputusan yang rasional akan sangat objektif dan logis. Masalah yang dihadapi akan menjadi jernih dan tidak mendua, serta pembut keputusan akan mempunyai tujuan yang jelas dan spesifik serta mengetahui semua alternatif yang mungkin dan konsekuensinya. Terakhir, pengambilan keputusan yang rasional akan secara konsisten menghasilkan pemilihan alternatif yang memaksimalkan kemungkinan tercapainya tujuan tersebut.2. Rasionalitas Terikat
Pengambilan keputusan rasionalitas yang baik harus melakukan beberapa hal yaitu, mengidentifikasi masalah, mempertimbangkan alternatif, mengumpulkan informasi dan bertindak tegas namun bijaksana. Misalnya, anda mengambil jurusan keuangan dan pada saat lulus anda ingin bekerja, terutama sebagai perencana keuangan pribadi, dengan gaji minimal sebesar $ 45.000,- dengan jarak 160 km dari tempat tinggal anda. Anda menerima sebuah tawaran kerja sebagai analisis kredit bisnis-bukan sebagai perencana keuangan pribadi tepatnya, tapi masih dalam bidang keuangan, pada sebuah bank yang jaraknya 80km dari rumah anda dengan gaji awal sebesar $ 42.500,- . Jika anda telah berupaya mencari pekerjaan secara lebih komprehensif, anda akan menemukan pekerjaan sebagai perencana keuangan pribadi di perusahaan perwakilan yang hanya berjarak 25 mil dari rumah anda dengan bergaji awal sebesar $ 45.000,- anda bukan pengambil keputusan rasional yang baik karena anda tidak memaksimalkan keputusan anda dengan mencari semua alternatif yang mungkin dan kemudian memilih yang terbaik.3. Peranan Intuisi
Pengambilan keputusan intuitif adalah pengambilan keputusan pada pengalaman, perasaan dan akumulasi pertimbangan peneliti yang mempelajari penggunaan pengambilan keputusan intuitif dari para manajer telah mengidentifikasi 5 aspek intuisi yang berbeda. Pengambilan keputusan intuitif dapat melengkapi pengambilan keputusn rasional maupun rasional terikat.4. Peran Manajer Berdasarkan Bukti
Pengambilan keputusan manajemen berdasarkan bukti adalah pengambilan keputusan yang dilakukan dengan cara menggunakan bukti-bukti yang relevan yang dapat diandalkan , misal keputusan untuk membeli hadiah ulang tahun seseorang atau memilih mesin cuci baru yang hendak dibeli.
Comments
Post a Comment